Mengatur Keuangan ala Warren Buffet

Mengatur Keuangan dengan baik Ala Investor Warren Buffet



Siapa yang tidak mengenal Warren Buffett seorang investor andal yang sudah membuktikan, uang bisa bekerja untuk Anda. Warren Buffett juga seorang ahli dalam mengatur keuangan yang terkenal. 
Ada 7 nasihat keuangan yang diberikan Buffett kepada Anda, sehingga bisa mengelola keuangan dengan baik bahkan bisa mengembangkan uang Anda sebagai aset untuk masa depan. Berikut ulasanya :

1. Lakukan Kebiasaan Menata Uang Secara Sehat

Menurut Buffett, kesalahan terbesar dalam mengelola keuangan adalah tidak menabung. Jadikan menabung sebagai kebiasaan. Selain itu, bekerjalah untuk sesuatu yang dapat memperkuat serta membantu keuangan. Anda harus hilangkan kebiasaan yang dapat membuat keuangan tidak sehat.

2. Hindari Utang, Terutama Utang Kartu Kredit

Buffett pernah menyampaikan pidato di Notre Dame pada tahun 1991 dan mengatakan banyak orang gagal karena kebiasaan meminum minuman keras dan berhutang. Sebaliknya, dia juga mengatakan bahwa sebenarnya Anda tidak perlu untuk berutang di dunia ini. Lakukan dengan cerdas dengan cara membuat banyak uang tapi tidak dengan berutang apalagi menggunakan kartu kredit. Menurutnya, bunga yang ada di kartu kredit akan membuatnya bangkrut.

3. Jangan Kehilangan Uang

Saat berinvestasi Anda harus berhati-hati agar uang Anda tidak hilang. Jika Anda rugi, maka sulit untuk kembali ke awal Anda memulai. Hal lain dari aturan ini adalah mendapatkan barang dengan nilai yang tinggi tapi harga yang murah. Anda dikatakan telah kehilangan uang ketika Anda membeli barang dengan harga yang tidak sebanding dengan nilai yang Anda dapatkan.

4. Berinvestasi pada Diri Anda

Menurut Warren Buffett bagaimana pun investasi yang terbaik adalah berinvestasi pada diri Anda sendiri. Lakukan terus peningkatan yang bisa membuat Anda berkembang dan lebih maju lagi. Investasi pada diri sendiri tidak akan pernah merugi, jika kemudian dari investasi tersebut Anda lebih bisa melihat peluang dan mengambil kesempatan untuk penghasilan yang lebih.

5. Memandang Uang untuk Jangka Panjang

Jika Anda menanam dan merawat uang Anda dengan baik, maka Anda akan menikmatinya di masa depan bahkan sampai dengan anak cucu Anda.

6. Beramal

Buffett juga telah menyediakan dana untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Sebelumnya, ia telah menyumbangkan sebanyak US$ 2,8 miliar dari saham Berkshire Hathaway untuk 5 badan amal. Ia juga salah satu pendiri The Giving Pledge bersama pendiri Microsoft, Bill Gates dan 130 miliuner lain yang sepakat untuk menyumbangkan uangnya kepada yang membutuhkan.

Bukan hanya tentang keuangan bisnis Anda melainkan juga keuangan pribadi Anda yang akan menjadi lebih baik jika keuangan dikelola dengan cara yang tepat. Semoga bermanfaat.

Sumber : detikcom Dan Urbanindo.com










Comments

Popular posts from this blog

Scafolding